Monday, 10 July 2017

Mengulik Keindahan Pantan Terong Takengon

Ransel Ijo +62Pantan Terong. Awalnya gw suka susah buat menyebutkan nama tersebut sob. Soalnya suka belibet gitu di lidah. Ini dia Pantan Terong. Salah satu objek wisata paling hits yang ada di Kota Dingin Takengon. Objek wisata yang berada di atas perbukitan ini benar – benar menyajikan pemandangan alam Kota Takengon. Gak Cuma itu pemandangan lainnya yang buat gw amat takjub adalah Kota Takengon begitu cakep berdampingan dengan Danau Laut Tawar yang berada di tepian Kota Takengon.
Objek Wisata Pantan Terong

View Pantan Terong pagi hari

Subahanallah,,indah banget sob. Kita memulai perjalanan ke Objek Wisata Pantan Terong pada pukul 05.40 WIB. Setelah malam sebelumnya gw menginap disalah satu masjid yang ada di Kota Takengon. Maklum aja sob, gw kan backpacker jadi gak ada cost buat nginap di hotel. Jadi SPBU dan Masjid menjadi tempat favorite gw buat tidur. Lumayan menghemat biaya kan? Tapi gak disaranin buat loe yang mau mulai jadi backpacker ya. Tapi gak ada salahnya dicoba.
Pagi itu kita sempat nyasar. Nah karena Allah SWT menciptakan kita mulut maka bertanyalah kita pada salah seorang tukang sapu jalan yang berada di depan Mesjid Agung Kota Takengon. Berkat petunjuk beliau kita pun menyusuri jalanan Kota Takengon yang pagi itu masih sangat sepi. Alhamdulillah kita nemuin jalan menuju ke Pantan Terong. Karena posisinya ada di puncak bukit, pas kita mau jalan tuh si Pantan Terong udah kelihatan dari bawah sob. Kecil banget kelihatannya. Nah untuk bisa sampai atas kita kembali mendaki jalanan bukit yang menanjak dan curam dengan tikungan yang gak kalah ekstremnya. Wih bener – bener kondisi kendaraan loe diuji disini sob. Dan juga keahlian loe berkendara juga benar – benar di tes abis. Be safety lah sob. Gw aja yang jadi penumpang dibelakang temen gw deg – deg-an banget. Alhamdulillah jalannya mulus. Karena pagi itu masih amat pagi maka Cuma kami sendiri yang nanjak ke atas Pantan Terong. Pas sampe atas kita parkirin sepeda motor diluar pagar. Terus kita masuk ke dalam dengan membayar uang  masuk sebesar Rp.5000,- per orang. Gw gak tahu apa itu udah termasuk uang parkirnya. Beberapa orang ternyata udah ada i Pantan Terong sob.
Berusaha menikmati pemandangan dari ketinggian yang bikin deg - deg-an

Kemana aja ngetripnya selalu ketemu sampah - perlu perhatian penuh untuk kemajuan wisata Indonesia

Alhamdulillah bisa kesini meski dadakan

Sayang banget kita gak sempat datang lebih pagi lagi untuk bisa menyaksikan awan – awan menutupi Kota Takengon. Pagi itu kita malah nyaksiin matahari terbit yang mengarah langsung ke puncak Pantan Terong. Pantan Terong sendiri merupakan tempat dimana kita bisa melihat pemandangan Kota Takengon dan Danau Laut Tawar. Disini dibangun semacam teras untuk bisa memandang luas Kota Takengon dan Danau Air Laut Tawar. Disini juga terdapat rumah panggung yang bisa di jadikan tempat beristirahat. Selain itu disini terdapat mushalla.
Untuk makanan gw gak tahu apa ada yang menjual makanan disini karena pas kesini gw gak ngelihat penjual makanan. Yang udah pasti ada disini adalah banyak mobil penjual minuman kopi yang berjejer di luar pagar objek wisata Pantan Terong. Karena dingin kopi bisa menjadi minuman wajib loe selama di Takengon.
Dan yang satu ini bener - bener bikin gemes yah - kebiasaan buruk yang terus berkembang biak

Semoga bisa kesini ya bareng teman yang lain

Makin siang makin rame

Asli gak rugi Jpeople datang kesini. Saran gw mending loe datang kesini subuh meski Pantan Terong sendiri belum buka jam segitu. Pemandangannya itu loh buat bakalan menyadari kalau Allah SWT benar – benar menciptakan menunjukkan kebesaranNya. Alam yang sangat indah ini sangat memanjakan mata. Lelah selama loe mendaki dari Kota Takengon sampai ke atas Puncak Pantan Terong terbayar dengan apa yang loe lihat dari atas sini sob. Gw berencana bakalan kesini lagi Insyaallah kalau dan rezeki dan diberi kesehatan sama Allah SWT. Mungkin loe ada yang pengen kesini kita bisa pergi bareng. Hayuk kalau ada yang mau kita bisa rencanakan dari sekarang.
Ups !!! masih ada 1 spot lagi yang juga menjadi tujuan wisatawan di Kota Takengon. Gw sambung besok ya Jpeople. See you

1. itu danau atau pantai langsung ke laut , lia?
    dingin ya diatas bukit itu? :)

1. itu danau cuma karena luas jadi dibilang kayak laut tapi sejarahnya itu ada jar lia lupa pokoknya ada ceritanya kenapa di sebut danau laut tawar. di kotanya emang dingin jar terlebih kalo naik ke daerah perbukitannya

2. sama kayak danau toba ya lia, terciptanya. pasti enak berenang disana.

3. kalo berenang di Danau Laut Tawar belum ada jar tapi kalo di Danau Toba sih udah maju banget ada olahraga air kayak jetski. kalau didanau laut tawar cuma naik speadboat terus sampai ditengah danau entar mesin speadboatnya dimatiin biar pengunjung bisa foto2 dtengah danau.